PETUNJUK PENULISAN

1.  Setiap artikel yang dikirimkan dapat berupa laporan suatu penelitian yang telah dilaksanakan sebelumnya atau berasal dan hasil review  sebuah  buku. Artikel menggunakan bahasa ilmiah baku, baik dalam bahasa lnggris atau Indonesia.Artikel minimal mengandung materi dan urutan:

  1.  judul artikel dalam bahasa Indonesia dan bahasa lnggris;
  2.  nama pengarang, lembaga, dan alamat untuk dihubungi;
  3.  abstrak dalam bahasa Indonesia atau bahasa lnggris;
  4.  pendahuluan;
  5.  metodologi;
  6.  temuan dan kajian atas temuan yang diperoleh;
  7.  kesimpulan dan atau rekomendasi;
  8.  ucapan terima kasih (jika diperlukan); dan
  9.  kepustakaan.

2.  Naskah diketik dalam satu spasi, menggunakan font  Arial; ukuran 11  pt; dan menggunakan program Microsoft Word, maksimal 10 halaman, dengan ukuran kertas A4 (210 x 297 mm).

3.  Judul artikel ditulis dengan huruf kapital rata tengah, menggunakan font Arial ukuran 12 pt bold. Judul dirangkai dalam 13 kata dalam bahasa Indonesia dan 10 kata dalam bahasa lnggris. Nama penulis ditulis di bawah judul dengan menggunakan font Arial ukuran 11 pt bold,  sedangkan gelar penulis tidak perlu dicantumkan, tetapi harus mencantumkan instansi tempat penulis bekerja atau melakukan penelitian, serta alamat untuk dihubungi.

4.  Abstrak merupakan  intisari dan isi artikel, sehingga di dalam abstrak harus tercantum secara jelas latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metodologi dan  Analisis, serta kesimpulan akhir. Abstrak dan  keywords ditulis dengan spasi tunggal, huruf yang digunakan adalah Arial, ukuran huruf 10 pt dan ditulis miring atau dengan format Italic dan ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

5.  Sub Judul dan artikel menggunakan format dua kolom dengan jarak antar kolom 0.5 cm. Subjudul ditulis dengan huruf kapital menggunakan font Arial Narrow ukuran 11 pt bold dengan format center. Artikel ditulis dengan format rata kanan kiri, menggunakan first line 1 cm, serta menggunakan font Arial ukuran 11 pt. Format margin yang digunakan adalah margin atas 25,4 mm, margin bawah 25,4 mm, margin kanan 25,4 mm, dan margin kin 25,4 mm. Spasi yang digunakan spasi satu dengan format dua kolom.

6. Judul tabel/ gambar harus lengkap tetapi tidak boieh terlalu panjang, maksimal 13 kata. Judul tabel/gambar harus mengandung beberapa unsur, yaitu: jenis, letak/ lokasi, dimensi waktu, serta  rincian mengenai satuan, wilayah, serta keterangan lain. Penulisan judul tabel/gambar menggunakan huruf tebal dan besar, dengan allignment rata tengah. Judul tabel diletakkan di atas  tabel, sedangkan Judul Gambar diletakkan di bawah gambar. Jarak antara tabel/ gambar dengan paragraf sebelumnya maupun sesudahnya adalah 1 spasi. Huruf di dalam tabel/gambar berukuran lebih kecil yaitu 10 pt. Penulisan sumber pada tabel/gambar menggunakan ukuran huruf yang sama yaitu 10 pt diletakkan di bawah tabel pada tepi batas kiri tabel, sedangkan untuk gambar diletakkan dibawah gambar sebelum judul gambar dengan alignmen tengah. Jenis font yang digunakan tetap sama yaitu Arial.

7. Untuk kutipan, pada akhir kutipan diberi nomor kutipan sesuai dengan catatan kaki yang berisi referensi kutipan (nama, judul, kota, penerbit, tahun dan halaman yang dikutip).

8. Rumus-rumus hendaknya ditulis sesederhana mungkin untuk menghindari kesalahan pengetikkan. Ukuran huruf dalam rumus paling kecil 10 pt. Definisi notasi dan satuan yang dipakai dalam rumus disatukan dalam daftar  notasi. Daftar  notasi diletakkan sebelum daftar pustaka.

9. Daftar pustaka ditulis dengan spasi tunggal menggunakan font Arial dengan ukuran 10 pt. Jarak antara pustaka yang satu dengan lainnya adalah 1 spasi. Jika satu judul buku penulisannya lebih dan satu baris, maka baris kedua dan seterusnya penulisannya masuk ke dalam (indent) sebesar  1 centimeter. Susunan untuk satu referensi : Nama. (Tahun). Judul.  Kota Terbit, Penerbit.

10. Naskah dikirimkan ke email: admin@jurnalperspektifarsitektur.com, dalam bentuk file digital dengan format *.doc atau *.docx

11.  Naskah belum pernah dipublikasikan oleh media cetak lain.

12. Redaksi berhak menolak dan mengedit naskah yang diterima. Naskah yang tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan akan dikembalikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *